cara mengasah gatul biar landep paling nyoos

gatul atau yang biasa di sebut alat keruk – keruk rumput teki , apa itu keruk – keruk bang ? cari di google aja , ane bingung jelasinya, ya pokoknya kalo orang jawa bilang kalo bersih – bersih rumput di sekeliling rumah itu namanya keruk – keruk atau mereka sedang bersih – bersih tanaman di ladang seperti kacang itu namanya keruk – keruk.

dan gatul ini sangat – sangat wajib di miliki oleh setiap orang yang tinggal di pedesaan. Buat apa bang ? banyak deh pokoknya fungsinya, buat keruk – keruk itu tadi, buat mbuang taik ayam di emperan rumah, dan yang lebih keren lagi di gunakan untuk mbuang taik anak kecil yang berak di depan rumah . Eggrrrrrrrrrrrrrr pokoknya gitu deh , jijik ane nulisnya ..

cara mengasah gatul biar landep paling nyoos
cara mengasah gatul biar landep paling nyoos

cara mengasah gatul biar landep paling nyoos !

Nah okay ! kita akan fokus ke alat satu ini saja yaitu gatul , gimana seh caranya biar gatul ini bisa tetap terawat dengan baik dan bisa tajam ketika di gunakan untuk keruk – keruk tadi ? Nah buat kalian para ibu – ibu , simbah – simbah yang sedang baca ini artikel maka saya akan coba berikan tips nya ya ! jadi simbah – simbah bisa baca point – point nya di bawah ini :

1. Hindari gatul terendam di dalam air dengan waktu yang lama

Untuk point pertama yang harus kalian lakukan di sini adalah hindari yang namanya merendam gatul di dalam air dengan waktu yang lama, karena kenapa ? ketika gatul ini terkena air dalam waktu yang lama maka gatul itu akan mudah karatan. Kalian tau sendiri dunk ! gatul ini terbuat dari apa . Di mana ketika sebuah besi yang terendam air dengan waktu yang lama maka akan menimbulkan karatan dan karat inilah yang akan membuat ujung gatul akan tumpul dengan mudah.

2. Gunakan gatul sesering mungkin

Lhaah kog gitu mas ? bukanya kalo alat di gunakan dengan sesering mungkin akan mudah rusak ? nah inilah keunikan dari gatul ini. Ketika gatul ini sering di gunakan untuk keruk – keruk atau terkena tanah maka akan semakin sehat itu gatul, di mana ujung gatul akan terasah dengan baik dengan tanah itu tadi. Ga percaya ? buktikan sendiri.

3. Jemur ketika setelah di gunakan

Gatul akan semakin bagus ketika terkena sinar matahari secara langsung, kenapa demikian ? gatul ini kan terbuat dari besi kan ya ? nah ketika sebuah besi terkena panas yang lebih maka akan semakin tajam, ini sangat beda dengan manusia jika terkena panas dalam waktu yang lama malah makin keling. Maka dari itu usahakan jemur ya mbah gatul nya kalo sudah selesai di pake, karena itu salah satu nutrisi yang bagus untuk si gatul.

4. Setelah di gunakan usahakan selalu di bersihkan

Nah untuk yang ke empat adalah saya sarankan untuk selalu membersihkan kotoran di gatul itu, misalanya begini kan misalnya simbah telah keruk – keruk tuh di ladang , nah kan setelah keruk – keruk kan pastinya ada tanah yang menempel di gatul. Nah tanah itu harus di bersihkan supaya si gatul ini bisa tetap terjaga dari karat, karena tanah itu kan mengandung air dan itulah yang membuat si gatul bisa karatan.

5. Gesek – gesekan dengan kerikil

bahasanya gimana seh ? sedikit bingung saya , jadi gini di pekarangan rumah kan biasanya ada kerikil yang numpuk tuh atau gini aja deh ketika sedang mbangun rumah kan pakai pasir tuh, nah kan sebelum di gunakan kan harus di ayak terlebih dulu. Nah di ayakan pasir kan ada tuh yang namanya kerikil, nah itulah yang di gunakan untuk gesek – gesek gatul kalian, tapi ya jangan di gesek – gesek kaya korek. Di crik – crik gitu aja gatulnya , tapi jangan kenceng – kenceng, biasa aja geseknya biar ga kaya yang itu tuh …..

Nah sampai di sini sudah cukup paham mbah ? jadi gitu aja ya kalo misal gatul simbah tetap terjaga dengan baik dan bisa tetap di gunakan untuk keruk – keruk. Sekian dulu dari saya dan semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});